Mengenal Panitia Kongres Nasional IV

0
524

Jakarta, 19 September 2014

AD ART Koalisi Perempuan Indonesia pasal 20, menyebutkan bahwa setiap 5 tahun sekali organisasi wajib menyelenggarakan Konggres Nasional. Konggres Nasional merupakan musyawarah pemegang kekuasaan tertinggi organisasi untuk menetapkan dan mengesahkan pertanggungjawaban pengurus nasional, mengesahkan perubahan AD ART, menyusun Garis Besar Kebijakan serta Program Nasional serta mengesahkan pengurusa nasional yang dipilih melalui perwakilan Balai Perempuan, Cabang dan Wilayah.
Kongres Nasional Koalisi Perempuan Indonesia yang akan di helat pada tanggal 8-12 Desember 2014 nanti adalah konggres ke IV. Sebagai organisasi, Koalisi Perempuan Indonesia telah memasuki usianya yang ke 16, Dwi Windu. Pada usia remaja ini, Koalisi Perempuan Indonesia akan melakukan konggres napak tilas. Setelah tahun Desember 1928 Perempuan Indonesia menggelar konggres pertamanya di Yogyakarta momentum besarnya terulang lagi 70 tahun kemudian, dengan konggres Koalisi Perempuan Indonesia pada 1998, yang juga dikenal sebagai tahun reformasi dan menjadi tonggak dikukuhkannya organisasi massa perempuan Koalisi Perempuan Indonesia.
Tema besar yang diangkat konggres ke IV adalah PEREMPUAN MANDIRI PEREMPUAN MEMIMPIN. Tema ini menjadi ekspresi dari perjalanan panjang Koalisi Perempuan Indonesia dalam proses tumbuh dan bergerak secara bertahap dan berkelanjutan, memperkuat dan memampukan diri, melalui langkah strategis penguatan organisasi dan advokasi kebijakan, disemua tingkatan organisasinya.
Untuk menghelat acara ini agar berjalan dengan baik, telah dibentuk kepanitiaan. Struktur kepanitiaan, di tetapkan berdasarkan keterlibatan semua wilayah dengan berdasarkan regio di dalam struktur Steering commitee, Wilayah Timur ada Hendrica Melania Djawa, Wilayah Tengah diwakili dari Sulawesi Marselina May, Sumatera dan Jawa ada Otang Qodarliyah Umun, Kamala Chandra Kirana , Titiek Kartika Hendrastiti dan Sutriyatmi yang sekaligus eks officio ketua OC. Selain sebagai penanggungjawab, seluruh Pengurus Nasional adalah SC konggres.

Kepanitiaan dalam Organizing Committee, disusun dengan melibatkan panitia lokal dari Yogyakarta. Dimana sebagian panitianya berasal dari anggota Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah Yogyakarta. Karena peserta konggres akan melewati beberapa rute dari darat-udara dan laut, maka di bentuk juga panitia transit dari Surabaya dalam hal ini wilayah Jawa Timur, maka dibentuk juga panitia transit dari Wilayah Koalisi Perempuan Indonesia Jawa Timur.

Berdasarkan SK Rapat Kerja Nasional Nomor 04 /Rakernas/V/I/2014 tentang Persiapan Konggres Nasional IV, selain pasal 10 yang berisi tentang panitia konggres, juga dibentuk panitia pemilihan yang terdapat dalam pasal 11.

Panitia Pemilihan Nasional (PalPinNas) akan menjadi pelaksana dari tahapan pemilihan yang menjadi salah satu agenda Konggres Nasional

Berikut susunan panitia yang masih akan dilengkapi, terutama ketika kegiatan konggres sedang dilakukan.

I. Penanggung Jawab Kongres : Pengurus Nasional Koalisi Perempuan Indonesia
Sekretaris Jendeal : Dian Kartika Sari
Presidium Nasional : Ana Khomasanah,
Damairia Pakpahan,
Fitriyanti,
Luki Paramita
Zohra Andi Baso
II. Panitia Pengarah : Hendrica Melania Djawa
Kamala Chandra Kirana
Dian Kartika Sari
Damairia Pakpahan
Marsellina May
Otang Khidariyah
Titiek Kartika Hendrastiti
Zohra Andi Baso
Sutriyatmi (eks officio)
III. Panitia Pelaksana
Ketua : Sutriyatmi
Wakil Ketua I : Halimah Ginting (Sekwil DIY)
Wakil Ketua II : Hidayatut Thoyyibah (Staf Setnas)
Sekretaris : Lia Anggiasih & Dewi Komalasari (Staf Setnas)
Bendahara : Liessya Emizora (Staf Setnas)
Koord. Kesekretariatan : Meidina (Staf Setnas)
Koord. Humas : Bayu Sustiwi (Staf Setnas)
Koord. Akomodasi : Dyah Bintarini, KPI DIY dan KPI Jawa Timur
Koord.Transportasi : Rahmat Hidayat (Staf Setnas)
Koord.Perlengkapan : Tarsa Wiria (Staf Setnas)
Koord.Tim Fasilitator : Panitia Pengarah + Istiatun, Amin Muftianah (Yogya)

Tim Penggalangan Dana
Koordinator : Farida Indriani (Staf Setnas)
Anggota : Maria Manna Nababan (Staf Setnas)
Anggota : Galih A. Permata (Bekasi, Jawa Barat)
Anggota : Andriana Wulandari (Yogyakarta)

Tim Acara
Koordinator : Diyah Wara
Seminar : Dyah Ambarwati, Umi Asih
Persidangan : Welly Kono, Oktimukti Ali, Ester S.O, Martini
Seni Budaya : Sariroh, Farsijana Risakotta, Heni Sundari
Wisata Budaya : Ristyaningsih, Siti Murkanti, Roviana
Bazar : Ety, R. Listyaningsih, Nurmalia
Acara Pilihan : Sri Wulaningsih, Isti

IV. Panitia Pemilihan Pengurus Nasional
Ketua : Linarti
Wakil ketua : Th. Mike Verawati Tangka
Hingga tulisan ini dipublikasikan, ketua panpilnas masih melengkapi struktur kepanitian yang akan melibatkan organisasi mitra Koalisi Perempuan Indonesia yang independen sebagaimana pasal 11 dalam SK Rakernas No. 04/rakernas/V/I/2014.

(Ida)

SHARE
Previous articlePernyataan KPI terhadap RUU PILKADA
Next articleKliping Media
Perjuangan menuju kesetaraan gender bukan hal yang tidak mungkin.

NO COMMENTS