Sarasehan

0
400

Jakarta Paska Pemilihan Gubernur

Apa yang Akan Terjadi dan Apa yang Harus Kita Lakukan

Jakarta – 26 Juli 2012

Koalisi Perempuan Indonesia menyelenggarakan saresehan menyambut Ramadhan sebagai bagian dari pertemuan untuk konsolidasi dengan wilayah DKI Jakarta di bawah program IKAT-US pada tanggal 26 Juli 2012 di kantor Setnas KPI. Pertemuan konsolidasi ini dihadiri oleh 45 orang yang berasal dari  Balai Perempuan wilayah DKI Jakarta.

Pembicara dalam forum diskusi dan konsolidasi ini adalah Wardah Hafidz dan Dian Kartikasari. Selama sesi diskusi, Wardah Hafidz membicarakan mengenai arah kebijakan pembangunan Jakarta paska Pemilu Gubernur dan dampaknya terhadap perempuan dan warga yang terpinggirkan di Jakarta.  Sedangkan Dian Kartikasari memberikan informasi mengenai perkembangan baru dan kebijakan KPU dalam menyongsong Pemilu 2014. Selama sesi diskusi, juga terdapat sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta diskusi yang merupakan anggota-anggota KPI wilayah DKI Jakarta. Diskusi dan konsolidasi ini berlangsung sekitar 2 jam dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

 

Hasil diskusi tersebut antara lain menyatakan bahwa Pilkada harus dimanfaatkan dalam konteks pra-pilkada dan paska-pilkada. Pra-pilkada bisa menjadi satu kesempatan untuk melakukan pendidikan politik. Dalam momen pasca pilkada, warga kota mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam pengelolaan kota, ikut serta dalam merancang bagaimana program disusun dan dilakukan, dan bagaimana budget kota dialokasikan dan digunakan. Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini merupakan pertarungan antara rakyat dengan kelompok oligarki tersebut.Pilkada menjadi satu kesempatan untuk mengubah Jakarta yang saat ini berada di tangan kekuasaan oligarki, sebuah model penguasaan yang hanya ada di tangan sedikit orang yang ditentukan oleh uang dan modal. Oleh karena itu, pilkada bukanlah akhir, tapi awal dari perjuangan,  Pilkada DKI Jakarta karena menjadi barometer politik nasional. Proses yang terjadi disini akan menjadi contoh bagi kabupaten dan kota lainnya.(octa)

SHARE
Previous articleSemiloka
Next articleSelamat Hari Raya Idul Fitri
Perjuangan menuju kesetaraan gender bukan hal yang tidak mungkin.

NO COMMENTS