Kebiasaan kecantikan yang kurang baik

0
1238

Menjadi cantik adalah dambaan setiap perempuan. Seringkali perempuan melakukan berbagai perawatan tubuh guna mendapatkan gelar cantik dari orang sekitarnya. Tetapi, terkadang Anda tidak sadar bahwa Anda telah melakukan hal yang kurang baik terhadap tubuh Anda.
Berikut berapa hal tentang kecantikan yang sekiranya kurang baik untuk dilakukan.

Menggigiti kutikula
Mungkin Anda tidak tahu bahwa hal kecil seperti menggigiti kutikula dapat menyebabkan tumbuhnya bintil kuku dan infeksi. Kemudian bagaimana cara menyembuhkannya? Jagalah agar kulit di sekitar kuku Anda tetap lembab. Jika kulit ini terjaga kelembabannya, maka akan mengurangi kulit yang mencuat pada jari, sehingga Anda akan jarang menggigitinya.Oleskan krim atau minyak pada kutikel Anda sambil dipijat setiap beberapa hari. Juga tekan ke dalam kutikula setelah mandi, ketika kutikula masih lembut.

Terlalu sering mewarnai rambut
Bukanlah masalah jika Anda mewarnai rambut Anda sesekali untuk mendapatkan penampilan yang berbeda. Namun, jika Anda terlalu sering mengganti warna rambut Anda, ini akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan kemudian membawa Anda pada krisis identitas.
Bagaimanakah cara mengatasi masalah ini? Anda dapat mengalihkan keinginan untuk mewarnai rambut ke make up, karena lebih aman untuk bereksperimen dengan make up dari pada dengan warna rambut. Seorang penasehat tata rambut, Rita Hazan mengatakan bahwa jika terpaksa mewarnai rambut, maka Anda harus menghindari bleaching, lebih baik memilih warna gelap, dan gunakan produk kondisioner yang khusus untuk rambut berwarna.

Tidur dengan makeup di wajah
Terlalu malas untuk membersihkan wajah Anda sebelum tidur? Sehingga, dengan santainya Anda tetap membiarkan bedak, mascara, dan make up lainnya masih menempel di wajah Anda. Kebiasaan buruk ini dapat membuat wajah Anda rawan berjerawat. Ada trik tersendiri untuk menyiasati kemalasan Anda membersihkan wajah. Cukup letakkan pembersih wajah Anda di sebelah tempat tidur. Dengan begini, Anda akan tetap membersihkan wajah Anda selelah apapun Anda saat menjelang tidur.

Berjemur langsung di bawah sinar matahari
Jika Anda suka berjemur secara langsung di bawah sinar matahari berarti Anda telah bersalah terhadap kulit Anda. UV A yang mengenai Anda saat berjemur langsung di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, dan juga berdampak pada penurunan sistem immune. Anda dapat mengoleskan lotion yang memang dikhususkan untuk tanning. Dalam waktu 24 jam saja Anda sudah mendapatkan warna kulit yang Anda dambakan.

Menyiksa rambut dengan panas
Memakai hairdryer atau catok akan membuat ujung rambut Anda menjadi kering dan patah-patah. Jika Anda memang terpaksa harus menggunakan hair dryer untuk menata rambut Anda, maka sebaiknya gunakan panas sedang, dengan jarak beberapa inci dari rambut. Jika Anda menggunakan catok gunakan panas minimum, dan jangan catok gunakan lebih dari 5 menit.

Bleaching gigi
Gigi Anda tidak akan mencapai putih maksimal meskipun Anda melakukan bleaching berkali-kali. Menambahkan hydrogen peroksida bukannya membuat gigi Anda lebih putih, namun malah akan membuatnya menjadi sangat sensitif bahkan mudah retak. Bila Anda melakukan bleaching sendiri, pastikan Anda benar-benar membaca petunjuknya serta jangan melakukan bleaching lagi setelah 6 bulan.

Mencoba makeup tester
Jangan kira memakai tester make up tidak akan menimbulkan masalah pada kulit Anda. Bayangkan berapa banyak orang yang telah mencoba make up tersebut, dan bayangkan berapa banyak bakteri yang tersimpan di dalamnya. Bagaimana mungkin Anda bisa memperkenalkan bakteri-bakteri tersebut pada kulit Anda? Karena itu pastikan toko tersebut menyediakan tester yang aman. Toko yang baik biasanya akan menyediakannya, beserta seorang ahli kecantikan.

Memencet jerawat
Memencet jerawat bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan jerawat. Justru Anda akan membuat jerawat lebih betah tinggal di wajah Anda selama 7-10 hari. Ini dikarenakan bakteri serta kuman dari tangan Anda saat memencet jerawat. Karena itu Anda harus bersabar untuk tidak melakukannya. Lebih baik gunakan cairan benzoyl peroxide atau salicylic acid untuk menghilangkan jerawat Anda.

Cuci rambut setiap hari
Jika rambut Anda kering, mencuci rambut setiap hari justru akan membuatnya makin kering. Cucilah rambut setiap 2 atau 3 hari, saat kulit kepala sudah kembali ke kelembapan alaminya. Namun jika rambut dan kulit kepala Anda memang cenderung berminyak, Anda memang harus mencuci rambut setiap hari.

Mengoleskan foundation ke seluruh permukaan wajah
Ini hanya berlaku jika di wajah Anda terdapat banyak flek hitam, jerawat, atau noda bekas jerawat yang tersebar di mana-mana. Jika wajah cenderung “bersih”, cukup oleskan foundation di area bawah mata yang biasanya menghitam, dan di area yang sedang berjerawat. Sisanya biarkan saja natural.

Memotong kutikula kuku
Banyak orang yang rajin memotong kutikula, alias kulit yang ada di sekitar kuku. Kebiasaan ini pun kadang dilakukan di salon saat sedang manikur/pedikur. Padahal sebenarnya kutikula berfungsi untuk melindungi tempat tumbuhnya kuku dari paparan bakteri. Jika kita memotong kutikula, kita justru akan memperbesar kemungkinan kuku untuk terkena infeksi.

Setiap enam minggu sekali, potong ujung-ujung rambut. 
Aturan ini hanya berlaku bagi rambut yang bercabang, dan Anda yang memiliki potongan rambut pendek yang perlu terus dijaga potongannya agar tak berantakan. Jika rambut Anda sehat dan tak bercabang, perawatan ini tak perlu dilakukan sama sekali.

Rutin lakukan pengelupasan kulit wajah
Jika kulit wajah Anda normal atau berminyak, pengelupasan justru akan merusak kulit. Kulit yang normal sebenarnya akan mengelupas dengan sendirinya dan mengenyahkan kulit mati. Namun jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya memang pengelupasan dilakukan sendiri. Pilihlah produk seperti sabun pencuci wajah atau krim malam untuk eksfoliasi yang lembut.

Jangan pakai eye-liner di bawah mata
Eye-liner yang diulas di atas dan di bawah mata sebenarnya bisa menegaskan bentuk mata dan memberi efek bulu mata lebih tebal. Namun jika mata Anda sipit, sebaiknya hindari menggunakan eye-liner di bawah mata karena bisa membuat mata terlihat makin kecil.

Mandi dua kali sehari
Mandi pagi sebelum berangkat kerja dan mandi sore setelah selesai beraktivitas memang dianjurkan. Namun jika Anda sedang tak beraktivitas penuh dan tubuh tak berkeringat, tak ada salahnya melewatkan waktu mandi satu kali. Terlalu sering mandi justru membuat kulit jadi kering, apalagi jika kita menggunakan sabun antibakteri. Jika kulit Anda memang dasarnya kering, terlalu sering mandi bisa membuat pori-pori jadi membesar dan bakteri mudah masuk.

Pakai sampo dulu, baru kondisioner
Ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki rambut kering. Tapi jika rambut Anda berminyak, lakukanlah sebaliknya: pakai kondisioner dulu, lalu bilas dengan sampo. Ini berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa kondisioner yang menempel di rambut, yang jika dibiarkan malah akan membuat rambut jadi lepek dan berminyak.

Sumber :
http://metrotvnews.com/
http://vionida.wordpress.com

 

SHARE
Previous articleMarsinah
Next articleSelamat Hari Perempuan Internasional
Perjuangan menuju kesetaraan gender bukan hal yang tidak mungkin.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY