AKSES DAN KONTROL ATAS BERBAGAI SUMBERDAYA

0
602

Kegiatan-kegiatan reproduktif, produktif, dan pengelolaan komunitas (termasuk pengelolaan politik di tingkat komunitas) memerlukan digunakannya berbagai sumberdaya karena hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi para individu, rumahtangga, dan komunitas.

Akses kepada dan kontrol atas berbagai sumberdaya adalah bagian dari kondisi-kondisi yang harus dimiliki oleh siapapun. Tidak dimilikinya akses dan kontrol atas berbagai sumberdaya oleh perempuan menyebabkan perempuan tidak dapat berpartisipasi secara penuh dalam proyek-proyek pembangunan dan menikmati manfaatnya. Akses dan kontrol atas berbagai sumberdaya yang dimiliki oleh perempuan dan laki-laki secara adil, merupakan faktor-faktor penting dalam merencanakan dan melakukan analisis proyek yang berbasis gender).

Akses ke berbagai sumberdaya

Berarti, memiliki kesempatan untuk menggunakan sumber-sumber daya penting (misalnya pendapatan, tanah, rumah, sawah, dan sebagainya) tanpa memiliki kewenangan untuk membuat keputusan-keputusan yang berkaitan dengan hasilnya. Contohnya, buruh tani (perempuan atau laki-laki) yang tidak memiliki tanah / sawah tetapi mereka mengerjakan sawah / tanah milik orang lain dan menerima sebagian kecil (sebagai upah) dari hasil kerjanya.

Kontrol atas berbagai sumberdaya

Berarti, memiliki kewenangan penuh untuk, misalnya, memutuskanpenggunaan sumberdaya yang dimiliki serta hasil yang diperoleh,kewenangan penuh atas penggunaan upah yang diperoleh atau keuntungan yang diperoleh, kewenangan penuh atas tubuhnya sendiri seperti misalnya untuk menentukan berapa anak yang akan dilahirkan oleh seorang perempuan, maka perempuan itu sendirilah yang seyogyanya menentukan, bukan suaminya, orangtuanya, mertuanya, pemerintahnya, dan sebagainya. Sebab, perempuanlah yang memiliki pengalaman, permasalahan, kebutuhan, kepentingan dengan hal-hal yang berkaitan dengan peran reproduktifnya.

SHARE
Previous articleLOKAKARYA NASIONAL
Next articleALAT ANALISIS GENDER (1)
Perjuangan menuju kesetaraan gender bukan hal yang tidak mungkin.

NO COMMENTS